Jumat, 23 Mei 2008

Variabel dan Konstanta

Variabel
Variabel merupakan lokasi penyimpanan yang ada di memori. Setiap variabel memiliki kemampuan menyimpan suatu informasi sesuai dengan tipe data yang didekalrasikan untuk variabel tersebut saja. Sintaks pendekalrasian variabel secara umum adalah sebagai berikut:
tipe-data nama-variabel
Tipe-data meliputi semua tipe data yang dikenal oleh Java, sedangkan nama-variabel adalah identifier yang digunakan untuk merujuk ke variabel tersebut di dalam program. Contoh kode:
int counter;
Kode di atas mendeklarasikan suatu variabel yang bernama counter dengan tipe data int.

Scope Variabel
Scope dari variabel dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu : variabel yang dideklarasikan di dalam blok class dan variabel yang dideklarasikan di dalam blok kode.
Variabel yang dideklarasikan pada blok class, akan dikenali oleh seluruh bagian class. Variabel ini juga dapat diakses dari luar class tetapi tergantung dari access specifiernya. Mengenai hal access spesifier akan dibahas pada bab selanjutnya.
Variabel yang dideklararsikan di dalam blok kode tertentu hanya akan dikenali di dalam blok kode tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut.


public class Scope{
static int x=10;
public static void main(String[] args){
int a = 5;
// variabel x dapat diakses
System.out.println("Nilai x="+x);
System.out.println("Nilai a="+a);
//nested blok
{
int b = 8;
// variabel x masih dikenali
System.out.println("Nilai x="+x);
// variabel a juga dikenali
System.out.println("Nilai a="+a);
System.out.println("Nilai b="+b);

}
//variabel tidak dikenali
System.out.println("Nilai b="+b);
}
}

Konstanta
Konstanta merupakan data yang tidak berubah nilainya selama program berjalan. Pendekalrasian konstanta menggunakan bentuk:
final tipe-data NAMA_CONSTANTA = value;

Tidak ada komentar: