Jumat, 23 Mei 2008

Sejarah Perkembangan Java

Java secara resmi diperkenalkan oleh SUN pada dunia pada tanggal 23 Mei 1995. Sedangkan sejarah pembangunan Java sendiri sudah dimulai sejak tahun 1991. Saat itu tim “Stealth Project” mengadakan pertemuan (brainstorming) untuk menciptakan suatu sistem software yang mampu berjalan pada alat-alat elektronik (small devices).

James Gosling berkonsentrasi pada ide pembuatan bahasa pemrograman. Pada Juni 1991, muncullah bahasa interpreter “Oak” yang menjadi cikal bakal dari Java. Kemudian secara resmi pada tahun 1995 Java diperkenalkan bersama dengan browser HotJava , Java pun merambah ke dunia web.

Kenyataan ini mungkin agak sedikit berbeda dengan ide pembuatan Java pada awalnya. Internet ternyata membantu menjadikan Java terkenal seperti sekarang ini. Memang harus diakui karena semakin berkembangnya Internet, maka fokus pemograman saat ini mengarah ke pemograman Internet itu sendiri.

Saat ini Java dibagi menjadi 3 macam framework atau teknologi yaitu J2SE untuk pemogramman aplikasi berbasis console dan destop, kemudian J2EE untuk pemogramman aplikasi berskala enterprise seperti aplikasi web-base (JSP dan Servlet), komponen (EJB), Web Services dan lain – lain. Kemudian framework yang terakhir adalah J2ME untuk pemogramman small divice seperti hanphone dan pda.

Tidak ada komentar: