Sabtu, 24 Mei 2008

Pengantar Dasar Class

Class adalah blue print dari objek. Dengan mendeklarasikan suatu class, maka kita telah mendeklarasikan suatu tipe data baru (tipe data referensi). Dengan menggunakan tipe data class ini, kita dapat menciptakan instance-nya yang merupakan objek sesungguhnya. Bentuk dasar class adalah sebagai berikut:

class NamaClass{
tipe-data namaVariabel1;
….
….
tipe-data namaVariabelN;

tipe-data namaMethod1(parameter){
//implementasi method1
}
….
….
tipe-data namaMethodN(parameter){
//implementasi methodN
}
}

Notasi class dalam UML adalah:

Dari bentuk umum class di atas terlihat isi dari class terbagi menjadi dua bagian besar yaitu deklarasi variabel dan deklarasi method. Variabel yang didefinisikan di dalam class disebut juga property.
Berikut ini adalah contoh class yang nyata yang menggambarkan object manusia.



class Manusia{
String nama;
String jenkel;
byte usia;
String alamat;
}
class DemoManusia{
public static void main(String args[]){
Manusia m1,m2;
M1 = new Manusia();
M2 = new Manusia();

m1.nama="Hendro";
m1.jenkel="Laki-laki";
m1.usia=23;
m1.alamat="Jl.Kemiri Sari no.7 Salatiga";

m2.nama="Steven";
m2.jenkel="Laki-laki";
m2.usia=23;
m2.alamat="Jl.Kemiri Sari no.7 Salatiga";

System.out.println("Nama : "+m1.nama);
System.out.println("Nama : "+m2.nama);
}
}

Pada contoh di atas terdapat dua class. Class yang pertama adalah class Manusia dan yang kedua adalah class DemoManusia.
Class Manusia adalah sebuah class sederhana yang merupakan blue print dari manusia. Setiap manusia pasti memiliki nama, jenis kelamin, usia dan alamat. Semua ciri – ciri tersebut dijelaskan oleh class Manusia.
Class DemoManusia adalah class yang akan menggunakan class tester atau aplikasi yang akan menggunakan class Manusia. Di dalam class DemoManusia kita mendeklarasikan variabel m1 dan m2 dengan tipe Manusia. Variabel m1 dan m2 ini adalah instance dari class Manusia atau apa yang disebut objek (objek sebenarnya).
Yang harus diperhatikan untuk saat ini adalah bagaimana cara menciptakan sebuah objek seperti m1 dan m2 di atas. Pertama yaitu mendeklarasikan variabel yang akan digunakan untuk memegang referensi ke objek, dan yang kedua adalah membuat object/instance-nya.

Tidak ada komentar: