public class Segitiga{
int alas;
int tinggi;
public static void main(String args[]){
/*
Pendeklarasian variabel dengan tipe data
class Segitiga
*/
Segitiga s3;
/*
Instantiate class Segitiga menjadi object
*/
s3 = new Segitiga();
/*
Setelah proses instantiate ini, anda dapat
mengakses object Segitiga melalui variabel
s3
*/
s3.alas=10;
s3.tinggi=2;
System.out.println("Alas = "+s3.alas);
System.out.println("Tinggi = "+s3.tinggi);
}
}
Jumat, 23 Mei 2008
Tipe Data Referensi
Tipe data referensi digunakan untuk memegang referensi dari suatu object (instance dari class). Pendeklarasian tipe data ini sama dengna tipe data primitif, namun penggunaanya agak sedikit berbeda. Perhatikan contoh dibawah ini:
Tipe Data Primitif
Tipe data diperlukan agar compiler tahu operasi apa yang valid dan seberapa banyak memori yang diperlukan oleh sebuah nilai yang akan disimpan atau dioperasikan. Di dalam Java terdapat tiga tipe data yaitu tipe data primitif, tipe data referensi dan array.
Tipe Data Primitif
Ke delapan tipe data pada tabel di dibawah dapat dikelompokan menjadi empat kolompok:
Tipe Data Primitif
Ke delapan tipe data pada tabel di dibawah dapat dikelompokan menjadi empat kolompok:
- Integer, merupakan tipe data bilangan bulat yang terdiri atas byte,short, int, dan long.
- Floating-Point, merupakan tipe data bilangan pecahan yang terdiri ata float dan double.
- Karakter, mewakili simbol dari sebuah karakter yang terdiri ata char.
- Boolean, merupakan tipe data yang menunjukan nilai true atau false, yang terdiri atas boolean
Tipe Data | Besar (bits) | Jangkauan |
long | 64 | -263 s/d 263 - 1 |
int | 32 | -231 s/d 231 - 1 |
short | 16 | -215 s/d 215 - 1 |
byte | 8 | -27 s/d 27 - 1 |
double | 64 | Negatif: -1.7976931348623157E+308 s/d -4.94065645841246544E-324 Positif: 4.94065645841246544E-324 s/d 1.7976931348623157E+308 |
float | 32 | Negatif: -3.4028234663852886E+38 s/d -1.40129846432481707E-45 Positif: 1.40129846432481707E-45 s/d 3.4028234663852886E+38 |
char | 16 | ‘\u0000’ s/d ‘\uFFFF’ (0 s/d 65535) |
boolean | 8 | true atau false |
Variabel dan Konstanta
Variabel
Variabel merupakan lokasi penyimpanan yang ada di memori. Setiap variabel memiliki kemampuan menyimpan suatu informasi sesuai dengan tipe data yang didekalrasikan untuk variabel tersebut saja. Sintaks pendekalrasian variabel secara umum adalah sebagai berikut:
tipe-data nama-variabel
Tipe-data meliputi semua tipe data yang dikenal oleh Java, sedangkan nama-variabel adalah identifier yang digunakan untuk merujuk ke variabel tersebut di dalam program. Contoh kode:
int counter;
Kode di atas mendeklarasikan suatu variabel yang bernama counter dengan tipe data int.
Scope Variabel
Scope dari variabel dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu : variabel yang dideklarasikan di dalam blok class dan variabel yang dideklarasikan di dalam blok kode.
Variabel yang dideklarasikan pada blok class, akan dikenali oleh seluruh bagian class. Variabel ini juga dapat diakses dari luar class tetapi tergantung dari access specifiernya. Mengenai hal access spesifier akan dibahas pada bab selanjutnya.
Variabel yang dideklararsikan di dalam blok kode tertentu hanya akan dikenali di dalam blok kode tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut.
Konstanta merupakan data yang tidak berubah nilainya selama program berjalan. Pendekalrasian konstanta menggunakan bentuk:
final tipe-data NAMA_CONSTANTA = value;
Variabel merupakan lokasi penyimpanan yang ada di memori. Setiap variabel memiliki kemampuan menyimpan suatu informasi sesuai dengan tipe data yang didekalrasikan untuk variabel tersebut saja. Sintaks pendekalrasian variabel secara umum adalah sebagai berikut:
tipe-data nama-variabel
Tipe-data meliputi semua tipe data yang dikenal oleh Java, sedangkan nama-variabel adalah identifier yang digunakan untuk merujuk ke variabel tersebut di dalam program. Contoh kode:
int counter;
Kode di atas mendeklarasikan suatu variabel yang bernama counter dengan tipe data int.
Scope Variabel
Scope dari variabel dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu : variabel yang dideklarasikan di dalam blok class dan variabel yang dideklarasikan di dalam blok kode.
Variabel yang dideklarasikan pada blok class, akan dikenali oleh seluruh bagian class. Variabel ini juga dapat diakses dari luar class tetapi tergantung dari access specifiernya. Mengenai hal access spesifier akan dibahas pada bab selanjutnya.
Variabel yang dideklararsikan di dalam blok kode tertentu hanya akan dikenali di dalam blok kode tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut.
Konstanta
public class Scope{
static int x=10;
public static void main(String[] args){
int a = 5;
// variabel x dapat diakses
System.out.println("Nilai x="+x);
System.out.println("Nilai a="+a);
//nested blok
{
int b = 8;
// variabel x masih dikenali
System.out.println("Nilai x="+x);
// variabel a juga dikenali
System.out.println("Nilai a="+a);
System.out.println("Nilai b="+b);
}
//variabel tidak dikenali
System.out.println("Nilai b="+b);
}
}
Konstanta merupakan data yang tidak berubah nilainya selama program berjalan. Pendekalrasian konstanta menggunakan bentuk:
final tipe-data NAMA_CONSTANTA = value;
Langganan:
Postingan (Atom)